Munggahan Ramadhan 2018

2018-06-16


Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban (satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan). Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama (botram), saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).

Munggahan berasal dari Bahasa Sunda unggah yang berarti naik, yang bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi munggahan dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, untuk membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun sebelumnya dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

 

reCOnsult juga melaksanakan tradisi munggahan ini. Diisi dengan tausiyah dari ESQ Leadership Center dengan tema seputar “Etos Kerja Selama Bulan Suci Ramadhan”, yang kemudian diakhiri dengan saling bermaaf-maafan dan makan bersama (liwet). Semoga dengan hadirnya bulan suci ramadhan tidak mengurangi semangat kerja rekan-rekan semua.

Marhaban ya Ramadhan… Bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya. Menjauhi keburukan dan memperbanyak ibadah pada-Nya. Dengan segala kerendahan hati, kami haturkan mohon maaf lahir & batin atas segala salah dan khilaf. (vee)